Resep opor ayam kampung bumbu kuning

Advertisement
Resep opor ayam kunging - masakan ayam berkuah santan ini, seolah menjadi tradisi. dimana saat peranyaan hari hari besar seperti lebaran, menu ayam yang ini wajib dihidangkan. jadi para bunda sekalian udah pada mahir membuat opor ayam yang menggoda.

Namun tidak menutup kemungkinan, diantara bunda yang berkunjung di blog ini mungkin belum tau betul cara memasak ayam menjadi menu opor yang lezat. jadi saya mencoba menjelaskan bagi bumbu juga tahap tahap pengolahannya. sebenarnya bunda bisa menanyakan kepada orang terdekat, namun jika ingin mempelajarinya disini, saya sangat bersenang hati

Untuk membuat opor ayam sendiri, sebenarnya susah susah gampang. permasalahan yang biasa terjadi pada saat memasak opor ayam, biasanya santan pecah, atau dagingnya agak keras. nah untuk membuat opor ayam yang sempurna, empuk disertai rasa yang begitu lezat, bunda sekalian bisa pelajari panduan membuat opor ayam dengan resep yang sangat mudah dibawah ini :
resep opor ayam
source : resepcaramasak.info

Resep opor ayam kuning

Bahan
  1. ayam kampung :2 kg
  2. Santan : 1 liter
  3. Jahe : 2 cm
  4. Lengkuas : 3 cm
  5. Sereh : 2 batang
  6. Gula putih secukupnya
  7. Garam secukupnya
  8. Minyak goreng secukupnya
  9. Daun salam : 2 lembar

Bumbu opor yam

  1. Bawang merah : 7 siung
  2. Bawang putih : 5 siung
  3. Kunyit : 3 cm
  4. Kemiri : 5 butir
  5. Ketumbar : 1 sendok teh
  6. Jinten : 1/4 sendok teh
  7. Pala : 1/4 butir
  8. Merica : 1 sendok teh

Cara membuat opor ayam

  1. Potong daging ayam yang ukuran selera masing masing
  2. Haluskan rempah berikut : pala, merica, ketumbar, kunyit bawang putih juga bawang merah
  3. Jika sudah halus maka tumis lah. tambahkan serai, jahe, lengkuas juga daun salam. tumis sampai berbau harum
  4. lalu masukan potongan ayam kampung, kemudian aduk dan biarkan warna ayam berubah. lalu masukan garam juga gula putih.
Agar lebih nikmat menyantap opor ayam, sebaiknya suguhkan dengan ketupat. karna memang cara tersebut sudah menjadi tradisi untuk menyajikan kuliner ayam dengan kuah santan ini. demikian resep opor ayam, semoga bermanfaat buat para bunda sekalian. pelajari juga masakan ayam lainnya yaitu resep ayam rica rica paling pedas khan menado
Advertisement